Selasa, 31 Maret 2009

Blu-Ray, Disk Penyimpanan Masa Depan



Blu-Ray atau yang dikenal juga dengan Blu-Ray Disk (BD) adalah sebuah media penyimpan data seperti CD dan DVD. Nama Blu-Ray diambil dari sinar berwarna biru yang di gunakan untuk menulis dan membaca pada piringan ini. Huruf “e” di belakang huruf “u” sengaja di hilangkan karena kata yang dianggap umum tidak boleh di patenkan, kata “blue” yang berarti biru dianggap umum.

Karena panjang gelombang blu-ray hanya 450 nanometer, jadi blu-ray dapat menyimpan lebih banyak data dari pada DVD yang mempunyai panjang gelombang 650 nanometer. Sinar yang lebih pendek ini juga membuat proses baca jadi lebih presisi sehingga data yang disimpan tak akan terlewatkan. Sebuah blu-ray berlapis ganda dapat manyimpan data sampai 50 Gigabyte, hampiar 6 kali kapasitas sebuah DVD yang sama-sama berlapis ganda.

Piringan blu-ray dikembangkan oleh Blu-Ray Disc Association, suatu kelompok yang mewakili pembuatan barang elektronik, perangkat keras komputer dan film. Sejak 21 desember 2008 lebih dari 890 keping judul film beredar di Australia,lebih dari 720 keping beredar di Jepang, lebih dari 1,140 keping beredar di Inggris, dan lebih dari 1,220 keping beredar di Amerika Serikat.

Piringan blu-ray juga mempunyai ukuran mini ( mini blu-ray) 8 cm yang mampu menyimpan data + 7,5 GB, yang mampu merekam (BD-R) dan di hapus kembali (BD-RE). Blu-ray mini juga telah dikembangkan untuk kamera camcorder dan alat perekam lain.
Namun dibalik hadirnya teknologi blu-ray ini juga menyisakan kepedihan bagi konsumen yang terlanjur membeli player HD-DVD. Bagaimana tidak, karena belum lama ini Toshiba mengumumkan tak lagi memproduksi HD-DVD, yang berarti tamatlah riwayat piringan merah ini.

Spesifikasi Blu-Ray :



Type Media : Hight Density Optical Disc
Format : MPEG-2, H.264/MPEG-4 AVC, dav VC-1
Kapasitas : 25 GB (Lapis Tunggal)
50 GB (Lapis Doubel)
Ukuran Blok : 64 kb ECC
Pembacaan : 405 nm laser
Mekanisme : 1 × at 36 Mbit/s (4.5 Mbyte/s)
2 × at 72 Mbit/s (9 Mbyte/s)
4 × at 144 Mbit/s (18 Mbyte/s)
6 × at 216 Mbit/s[1] (27 Mbyte/s)
8 × at 288 Mbit/s (36 Mbyte/s)
12× at 432 Mbit/s (54 Mbyte/s)
Pengembang : Blu-ray Disc Association
Penggunaan : Penyimpan Data
Video berdefenisi-tinggi
Audio berdefenisi-tinggi
PlayStation 3

2 comments:

  • Jasa Pembuatan Desain Company Profile says:
    26 Maret 2013 08.13

    hohohohohohoho, lagi lagi blue ray :D keren emang blue ray itu..? :D bagus skali uat tempat penyimpanan file :D makasih yah , buat infonya :D

  • hezty tatawarna says:
    21 November 2013 13.23

    blu ray ?? sering denger sih sebenernya ...

Posting Komentar

Komentar Teman

Dapatkan Berita Terbaru

Mau Dikirimin Artikel Terbaru?!! Silahkan Masukkan alamat email anda:

Delivered by FeedBurner

My Network

About Me

Foto Saya
Laki-laki tampan yang tidak sombong dan suka menolong & hobi ngeblog karena berfikiran dengan ngeblog bisa jadi kaya raya...(amin)