Kamis, 16 Juli 2009

Mengenal penemu Algoritma


Terminologi algoritma, mungkin bukan sesuatu yang asing bagi kita. Penemunya adalah seorang ahli matematika dari uzbekistan yang bernama Abu Abdullah Muhammad Ibn Musa al-Khwarizmi. Di literatur barat beliau lebih terkenal dengan sebutan Algorizm.

Panggilan inilah yang kemudian dipakai untuk menyebut konsep algoritma yang ditemukannya. Abu Abdullah Muhammad Ibn Musa al-Khwarizmi (770-840) lahir di Khwarizm (Kheva), kota di selatan sungai Oxus (sekarang Uzbekistan) tahun 770 masehi. Kedua orangtuanya kemudian pindah ke sebuah tempat di selatan kota Baghdad (Irak), ketika ia masih kecil. Khwarizm dikenal sebagai orang yang memperkenalkan konsep algoritma dalam matematika, konsep yang diambil dari nama belakangnya.

Al khwarizmi juga adalah penemu dari beberapa cabang ilmu matematika yang dikenal sebagai astronom dan geografer. Ia adalah salah satu ilmuwan matematika terbesar yang pernah hidup, dan tulisan-tulisannya sangat berpengaruh pada jamannya. Teori aljabar juga adalah penemuan dan buah pikiran Al khwarizmi. Nama aljabar diambil dari bukunya yang terkenal dengan judul "Al Jabr Wa Al Muqabilah". Ia mengembangkan tabel rincian trigonometri yang memuat fungsi sinus, kosinus dan kotangen serta konsep diferensiasi.


Pengaruhnya dalam perkembangan matematika, astronomi dan geografi tidak diragukan lagi dalam catatan sejarah. Pendekatan yang dipakainya menggunakan pendekatan sistematis dan logis. Dia memadukan pengetahuan dari Yunani dengan Hindu ditambah idenya sendiri dalam mengembangkan matematika. Khwarizm mengadopsi penggunaan angka nol, dalam ilmu aritmetik dan sistem desimal.

Beberapa bukunya banyak diterjemahkan kedalam bahasa latin pada awal abad ke-12, oleh dua orang penerjemah terkemuka yaitu Adelard Bath dan Gerard Cremona. Risalah-risalah aritmetikanya, seperti Kitab al-Jam'a wal-Tafreeq bil Hisab al-Hindi, Algebra, Al-Maqala fi Hisab-al Jabr wa-al-Muqabilah, hanya dikenal dari translasi berbahasa latin. Buku-buku itu terus dipakai hingga abad ke-16 sebagai buku pegangan dasar oleh universitas-universitas di Eropa. Buku geografinya berjudul Kitab Surat-al-Ard yang memuat peta-peta dunia pun telah diterjemahkan kedalam bahasa Inggris.

Buah pikir Khwarizmi di bidang geografi juga sangat mengagumkan. Dia tidak hanya merevisi pandangan Ptolemeus dalam geografi tapi malah memperbaiki beberapa bagiannya. Tujuh puluh orang geografer pernah bekerja dibawah kepemimpina Al khwarizmi ketika membuat peta dunia pertama di tahun 830. Ia dikisahkan pernah pula menjalin kerjasama dengan Khalifah Mamun Al-Rashid ketika menjalankan proyek untuk mengetahui volume dan lingkar bumi.

Sumber : Ilmukomputer.com

Referensi
http://dir.yahoo.com/Science/Mathematics/Mathematicians/
http://www.muslimtents.com/almarja/khawariz.html
http://www.pesantren.net

20 comments:

  • gooddell says:
    16 Juli 2009 20.37

    owh gt..
    http://gooddell.blogspot.com/

  • pencari cara sukses adsense says:
    16 Juli 2009 23.21

    Wah dari sini saya jadi tahu siapa penemu algoritma :) hehehehe :) makasih infonya ya :) semangat.....

    (Blog Penghasil Uang)

  • em_sholikhan says:
    17 Juli 2009 20.49

    info menarik kawan..

  • Sigit says:
    17 Juli 2009 23.03

    jadi teringat kembali tentang sejarah...anehnya yang disbut bukan Abu Abdullah Muhammad Ibn Musa al-Khwarizmi, tapi nama orang eropa..aneh..tapi aq tetep bangga dengan bu Abdullah Muhammad Ibn Musa al-Khwarizmi...semangat

  • alone_ranger says:
    18 Juli 2009 00.43

    wah info na mendidik bgt nic,, w jd inget lg cpa penemu algoritma.. makasih info na sob,,,

  • Alfon Dores Carelsz says:
    18 Juli 2009 10.25

    info yang sangat menarik hal ini yang jarang sekali di bahas tentang sejarah suatu ilmu tetap berkarya ya mas..

    link mas sudah saya pasang di blog saya kalo gak keberatan link saya balik ya mas

    http://klikalfon.co.cc

  • andi.dicka says:
    18 Juli 2009 12.03

    waahhh.. alogaritma membuat kpla saya pusingg... hehehe

  • Budiawan Hutasoit says:
    19 Juli 2009 18.02

    algoritma ini yg dipake sama om gugel utk dasar penghitungan page rank ya?

  • Kristiadi says:
    19 Juli 2009 21.30

    aku juga sama bingungnya ama sigit, kenapa yang di publikasikan nama orang eropa bukannya Abu Abdullah Muhammad Ibn Musa al-Khwarizmi ?

  • Macam2 Tips says:
    21 Juli 2009 09.53

    @budiawan hutasoit: wah kalo itu saya juga gak tau tu

  • arkasala says:
    24 Juli 2009 08.01

    trims infonya. berharga banget. tks

  • info yang bermanfaat bagi kita semua neh...,trims

  • come n share says:
    20 Agustus 2009 10.32

    baru tau nih penemunya...memang hal-hal seperti ini sering terlupakan...

  • yogo says:
    25 Agustus 2009 15.44

    wuah info bagus, blog saya yang tentang matematika belum ada info seputar tokoh matematika. Jadi pengen nambah menu nih...:)
    makasih inspirasinya.

  • IMAM MAKSUM says:
    8 September 2009 17.17

    mntap laaaaaa,,,,postnya,,,
    btw gmn lw,,,kita adakan klik ads bersama,mksudx bergantian antum klik ads saya,saya klik ads km ...nah ini kita lakukan setiap hari... gmn????????
    krn jika yg kita lakukan ini berjalan maka apa yg kita lakukan diinternet bisa membuahkan hasil...
    jawaban aq tunggu....
    salam buka puasa....

  • Evet Hestara says:
    7 Agustus 2010 14.34

    al-khawarismi yg nemuin algoritma?? cool ! jenius abis..

  • Jasa Pembuatan Desain Company Profile says:
    26 Maret 2013 08.06

    ehm, pinter bgt yah.? bisa sampai nemuin algoritma, :D mnurutku, sulit bgt itu..? :0

  • jasa design template booklet says:
    28 Maret 2013 13.58

    makasih banyak buat infonya gan, sukses selalu ya buat webnya :)

  • Wah penemunya pasti jenius sekali,,saya yang cuma mempelajari aja sampe dibuat bingung

  • hezty tatawarna says:
    21 November 2013 13.17

    wuizz , keren dehh ... :3

Posting Komentar

Komentar Teman

Dapatkan Berita Terbaru

Mau Dikirimin Artikel Terbaru?!! Silahkan Masukkan alamat email anda:

Delivered by FeedBurner

My Network

About Me

Foto Saya
Laki-laki tampan yang tidak sombong dan suka menolong & hobi ngeblog karena berfikiran dengan ngeblog bisa jadi kaya raya...(amin)