Senin, 30 Agustus 2010

Yahoo! Ada Karena Aku Ada


Sebelumnya maaf kalau judul postingan ini mirip lagu raja, yang dimaksud disini adalah Jerry Yang sang pencipta Yahoo. Ok langsung aja dibaca ceritanya.
Jerry Yang adalah salah satu pendiri dan pemimpin dari Yahoo!, salah satu situs terbesar di Internet. Tidak banyak informasi yang bisa didapatkan mengenai perjalanan hidup Yang. Jerry Yang dilahirkan pada tahun 1968 di Taipei, Taiwan, dengan nama Yang Chih-Yuan. Saat usianya menginjak 10 tahun, Yang Chih-Yuan dan keluarganya pindah ke Amerika, dan Yang Chih-Yuan merubah namanya menjadi Jerry Yang. Sejak saat itu, Yang dibesarkan di San Jose, California.

Saat dia pertama masuk sekolah di San Jose, dia hanya memiliki satu kosakata bahasa Inggris, shoe (sepatu). Yang berkata bahwa dia adalah murid yang malas, dengan tingkat konsentrasi yang rendah. Namun, dia dapat sukses di bidang akademisnya.
Yang masuk sebagai mahasiswa tingkat sarjana di Stanford pada tahun 1990, dan mendapatkan gelar sarjana muda dan master dalam waktu 4 tahun. Kemudian dia melanjutkan pendidikan doktornya, hingga dia bertemu dengan David Filo. Saat Mereka mulai menyukai kegiatan surfing di internet, hingga menghabiskan waktunya berjam-jam berada di depan komputer, dan aktifitas belajar mereka terbengkalai. Pada bulan februari 1994, mereka membuat panduan pada sebuah trailer kampus agar mereka tetap dapat melanjutkan kesenangan mereka terhadap internet. Dalam waktu singkat, mereka telah lebih banyak menghabiskan waktu untuk membuat link-link favorit dari pada membuat desertasi program doctor mereka.

Akhirnya, list yang mereka buat telah menjadi terlalu panjang dan terlalu banyak, sehingga mereka membaginya menjadi kategori-ketegori, dan saat kategori-kategori itu pun tidak memenuhi, dibuat juga sub-sub kategori. Lahirlah konsep awal dari Yahoo!.
Situs yang mereka buat itu berjudul "Jerry's Guide to the World Wide Web", tetapi kemudian setelah mencari nama yang dianggap bagus di dalam direktori yang mereka buat, mereka memutuskan untuk menggunakan nama Yahoo, yang merupakan singkatan dari "Yet another Hierarchical Officious Oracle". Tujuan awal dari pembuatan situs itu adalah sebagai alat untuk mencari sesuatu di internet, seperti halnya altavista.
Pada awalnya, Yahoo! ditempatkan di workstation mahasiswa milik Yang, "Akebono" dan softwarenya pada komputer milik Filo, "Konishiki" -keduanya merupakan nama dari pegulat sumo legendaris. Dan, yang mengakses ke direktori Yahoo! hanya Yang, Filo, dan beberapa teman dekat mereka di Universitas Stanford.

Namun, dari obrolan mulut ke mulut, orang mengakses ke Yahoo! menjadi semakin banyak. Mengetahui bahwa orang yang mengakses ke Yahoo! menjadi sangat banyak, mereka akhirnya menjadikan Yahoo! sebagai bisnis.
Saat ini, kita telah mengenal Yahoo! sebagai salah satu situs terbesar di Internet, yang menyediakan berbagai fasilitas. Yahoo! telah memiliki kantor di Eropa, Asia, Amerika latin, Australia, Kanada dan Amerika Serikat.
Sumber : http://ilmukomputer.com

8 comments:

  • Dhana/戴安娜 says:
    30 Agustus 2010 15.45

    salam sahabat
    wah makin eksis kalo main yahioo nich heheheh good luck ya

  • Ferdinand says:
    31 Agustus 2010 12.53

    Whahaa.. aku kira apa maksudnya SOb.. haha.......

    wah ternyata perjalanan nama Yahoo gtu toh.. aku udah lama make baru tau ini haha....

    Semangat N happy blogging Sob...

  • Cakrawala Dunia says:
    31 Agustus 2010 13.08

    weh weh weh,,,, hebat2,
    baru tau nih sejarahnya yahoo... .....=))

  • best products says:
    31 Agustus 2010 19.34

    oh ini sejarah yahoo ya mas, baru tahu saya =((

  • Jasa Pembuatan Desain Company Profile says:
    26 Maret 2013 07.51

    ehm...? gitu yah , asalmulanya :D oke oke, tau aku skrg, makasih yah, buat infonya :D

  • jasa design company Profile says:
    28 Maret 2013 13.44

    wkwkwk yang bikin tertarik tuh pas baca judulnya gan, wkwk kayak lirik lagu aja :D

  • Wah informasi yang menarik sekali,,terimakasih banyak

  • hezty tatawarna says:
    21 November 2013 13.04

    baru tau kalo yahoo itu ternyata singkatan ... :3

Posting Komentar

Komentar Teman

Dapatkan Berita Terbaru

Mau Dikirimin Artikel Terbaru?!! Silahkan Masukkan alamat email anda:

Delivered by FeedBurner

My Network

About Me

Foto Saya
Laki-laki tampan yang tidak sombong dan suka menolong & hobi ngeblog karena berfikiran dengan ngeblog bisa jadi kaya raya...(amin)