Sabtu, 14 Juli 2012

thumbnail

10 Hal 'Terlarang' untuk Dicantumkan di Facebook



Kebebasan Facebook sebagai jejaring sosial terbesar di dunia, tak mustahil malah dijadikan mesin pencarian identitas baik dari perusahaan, pengintai, maupun aparat hukum. Tak hanya itu hacker pun mengancam keamanan anda dalam bersosialisasi di dunia maya.

Untuk menjaga keamanan pemakaian Facebook anda, nampaknya anda juga tak harus terlalu jujur ataupun lengkap dalam memberikan informasi. Adakalanya kita juga membutuhkan sebuah privasi, dan untuk mengantisipasi hal tersebut berikut 10 hal terlarang yang dicantumkan di Facebook.

1. Tanggal lahir

Mengungkap tanggal lahir itu berbahaya. Sebab institusi keuangan biasanya membutuhkan informasi tanggal lahir untuk kartu kredit atau pernyataan di bank.

2. Nama tengah Ibu

Ingat banyak situs yang menggunakan jawaban nama tengah sebagai pertanyaan keamanan untuk mengingat kata kunci. Waspadalah apa yang anda tulis tentang Ibu di dunia maya

3.Alamat rumah


Tidak perlu membagi informasi ini dengan teman, kenalan atau mantan rekan kerja. Pencuri sekarang juga tahu cara menggunakan Facebook. Apalagi jika Anda menulis status sedang bepergian sekeluarga, sudah tinggal tunggu masa saja isi rumah dikuras si penjahat ini.

4. Status pergi dari rumah dalam waktu lama


Menulis status seperti berarti mengumbar informasi kepada dunia maya bahwa rumah Anda kosong. Bisa saja hal ini dimanfaatkan oleh segelintir orang yang berniat jahat untuk mencuri.

5. Status pergi dari rumah dalam waktu singkat

Sama seperti halnya status di no. 4, status seperti ini juga bisa dimanfaatkan orang untuk melakukan aksi kejahatan.

6. Foto tak sopan


Berniat pamer namun hal seperti juga berefek buruk pada karier anda tanpa disadari. Bahkan baru-baru ini beredar berita jika seorang dipecat karena pamer foto di Facebook.

7. Mengeluh atau marah


Screenshoot status Anda bisa jadi bukti yang membahayakan reputasi, klien dan nasib profesi. Di Singapura, bahkan remaja yang menulis status berbau rasis bisa ditangkap. Di bawah UU Penghasutan, siapa pun yang terbukti bersalah menyebarluaskan kebencian antar ras atau kelas dalam populasi di Singapura dapat di denda 5 ribu dolar Singapura (Rp 37 juta) dan penjara maksimal tiga tahun.

8. Nomor telepon

Memasang nomer telepon, maka dipastikan Anda akan dihubungi banyak telemarketer, pengintai dan temannya teman yang sok kenal.

9. Status hitung mundur jelang liburan

Lebih baik menulis status setelah liburan. Sebab kalau sebelum liburan beresiko diketahui penjahat yang sudah siap menguras isi rumah Anda selagi kosong.

10. Foto interior rumah


Mengunggah foto isi rumah Anda menjadi jalan mulus pencuri untuk menilai perabot yang Anda miliki.

Subscribe by Email

Follow Updates Articles from This Blog via Email

4 Comments