Senin, 16 Juli 2012

thumbnail

Blackberry Alami Kerugian $147.200.000 Karena Hak Paten


Sepertinya tahun 2012 adalah tahun sial bagi produsen smartphone Blackberry, Research In Motion (RIM). Betapa tidak? Setelah bulan lalu diberitakan bahwa penjualannya menurun hingga 43%, sekarang RIM sedang menghadapi masalah seputar hak paten.
Pengadilan California memutuskan bahwa RIM harus membayar $147.200.000 karena melanggar hak cipta Mformation Technologis. Sebenarnya, RIM digugat oleh Mformation Technologies pada tahun 2008 terkait pelanggaran hak cipta "remote management systems" untuk gadget nirkabel. Pihak RIM sendiri mengklaim bahwa mereka telah memakai teknologi tersebut sebelum Mformation mengajukan paten.

Lihat juga: RIM Bangkrut? Penjualan Blackberry Menurun 43 Persen

Tapi, kok bisa jumlahnya mencapai ratusan juta dollar? Amar Thakur, pengacara Mformation, mengatakan kepada Chicago Tribune bahwa pengadilan memutuskan untuk mematok biaya $8 perunit yang melanggar hak cipta. Dan menurut para saksi ahli, setidaknya ada 18.400.000 unit gadget RIM yang sudah diproduksi yang memakai teknologi ini.

Tentu saja, RIM telah memiliki manuver hukum untuk membatalkan putusan tersebut. Dan ini lumrah dalam gugatan apapun. Tapi untuk RIM, $ 147.200.000 bisa menjadi hal yang benar-benar membuat mereka down setelah menurunnya penjualan mereka bulan lalu. Ini terjadi karena lebih banyak orang yang berpaling ke perangkat lain, seperti iPhone dan gadget Andoid, yang semakin membuat Blackberry terpuruk.

Mampukah Blackberry mengeluarkan uang sebesar itu? Share pendapat Anda di kotak komentar


sumber

Subscribe by Email

Follow Updates Articles from This Blog via Email

3 Comments

avatar

ehm, semangat terus deh , buat Black Berry ;D
makasih buat infonya :D

Reply Delete
avatar

yahh , susah juga emang kalo suda berusan dengan yg namanya hak paten

Reply Delete