Sabtu, 14 Juli 2012

Italia punya Museum Es Krim

SIAPA yang tak suka es krim? Makanan idola semua orang ini ternyata memiliki histori sendiri lho. Es krim dipercaya berawal dari zaman kepemimpinan Kaisar Nero dari Romawi di 64 Masehi. Pada saat itu, Kaisar Nero menyantap salju halus bersama campuran buah-buahan dan madu.

Nah, itulah salah satu informasi yang dicoba dihadirkan Museum Gelato di Italia. Museum ini berdedikasi melestarikan sejarah dan budaya 'gelato' atau es krim dalam bahasa Italia.

Museum Gelato akan menampilkan resep tertulis es krim yang pertama ada, 10.000 foto dan dokumen, serta sekitar 20 tua mesin pembutan es krim. Mulai dari yang primitif, dioperasikan dengan tangan terbuat dari kayu dan besi.

Orang Spanyol dan Sisilia bersaing dengan orang-orang Romawi Kuno mengklaim diri sebagai penemu es krim yang pertama kali. Namun, sebenarnya tidak ada yang benar-benar tahu di mana atau kapan tradisi makan es krim pertama kali dimulai.

Adapun resep es krim tertulis pertama meliputi pencampuran dan pembekuan telur dan krim. Resep ini berasal dari Florence abad ke-17. Awalnya, karena pembuatannya memakan biaya sangat mahal, hanya keluarga aristokrat yang mampu menikmatinya.

Daya tarik es krim kemudian menyebar ke seluruh dunia oleh gelombang orang Italia yang beremigrasi di seluruh dunia pada abad ke-19.

Museum yang dibangun dengan dana 1 juta pounds ini akan dibuka di Anzola Emilia luar Bologna pada September mendatang. Museum ini dibangun oleh Carpigiani, sebuah perusahaan pembuat mesin es krim di Italia.

Namun, orang Italia kerap membedakan es krim dengan gelato. "Gelato biasanya dibuat secara lokal dan disajikan sangat segar," kata Andrea Cocchi, Direktur Grup Carpigiani. "Gelato juga memiliki kandungan lemak yang jauh lebih rendah daripada es krim, seperti yang dibuat di Amerika Serikat." (Telegraph/MI/ICH)


sumber

3 comments:

Posting Komentar

Komentar Teman

Dapatkan Berita Terbaru

Mau Dikirimin Artikel Terbaru?!! Silahkan Masukkan alamat email anda:

Delivered by FeedBurner

My Network

About Me

Foto Saya
Laki-laki tampan yang tidak sombong dan suka menolong & hobi ngeblog karena berfikiran dengan ngeblog bisa jadi kaya raya...(amin)