Copy Link Banner Disini

Sabtu, 21 Juli 2012

Ribuan Akun Yahoo Dibobol, GMail dan Hotmail Kena Getahnya


Lebih dari 400.000 nama pengguna dan password dari layanan Yahoo! Voice telah dibajak dan dipublikasi ke situs web forum publik. Ternyata tak hanya akun Yahoo yang dibajak, ada pula akun GMail, Hotmail, Live, MSN, dan AOL.

Para pengguna Yahoo! Voice bisa melakukan log-in dengan akun non-Yahoo dan menentukan kata sandi sendiri.

Yahoo dalam pernyataan resmi mengatakan, akun yang dibajak merupakan data tua dari pusat data Yahoo! Contributor Network, sebuah layanan penerbitan internet yang dibeli Yahoo dua tahun lalu.

Yahoo telah menyatakan permohonan maaf dan meminta pengguna layanan Yahoo agar mengubah password. Imbauan yang sama juga dilontarkan pengelola layanan GMail, Hotmail, Live, MSN dan AOL.

Pihak AOL mengatakan, dari 400.000 akun yang dipublikasi, 1.699 di antaranya adalah akun AOL. Microsoft dan Google menolak untuk memberi data.

Banyak pakar keamanan komputasi mengkritik kinerja perusahaan internet sebesar Yahoo, yang tidak mampu melindungi data penggunanya. "Hal ini menunjukkan beberapa praktik keamanan yang longgar," kata Profesor Rob D'Ovidio dari Drexel University.

Dia mencatat bahwa para peretas berhasil mencuri 400.000 nama pengguna dan password dari sistem Yahoo dalam sehari. Menurutnya, hal ini menandakan bahwa Yahoo tidak mengenkripsi penggunanya atau metode enkripsi Yahoo mudah disusupi.

Juru bicara Yahoo, Dana Lengkeek, mengatakan, pihaknya sedang memperbaiki kerentanan sistem tersebut.

Menurut analisa perusahaan software antivirus ESET, kebanyakan akun yang dibajak itu menggunakan password yang mudah ditebak. Tercatat ada 4 password yang paling banyak digunakan, yakni 123456, password, welcome, dan ninja.

sumber

11 comments:

  1. waduh, berarti harus cepet2 ganti pasword yah sob,... makasih informasinya sobatku

    BalasHapus
  2. ooh, ngefek juga yah, ke hotmail , sama gmail. :0
    oke oke, makasih yah buat informasinya :D

    BalasHapus
  3. wiih, besar juga ya efeknya :D
    thanks sob..

    BalasHapus
  4. sebenernya pembobolan kayak gitu itu karena apa sih ?? apa karena ada bug di sistem atau gimana ??

    BalasHapus
  5. Waduh akunku kena bobol juga nggak yah, moga-moga aja nggak...
    hahaha.. emangnya akunku ada apanya ya..hahaha

    BalasHapus
  6. Mais importante ainda, esses números de usuários também colocariam o Gmail na frente do hotmail.com entrar, executado pela Microsoft, tornando o Gmail o serviço de email mais usado no mundo. Em julho de 2011, a Microsoft disse que o hotmail.com entrar tinha 360 milhões de usuários. A empresa ainda não oferece uma atualização desde então.

    BalasHapus

luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.comnya.com tipscantiknya.com