Rabu, 28 Oktober 2015

10 Fakta Tentang Bill Gates Yang Tidak Anda Tahu

 Bill Gates sering dikenal sebagai orang terkaya di dunia tapi ternyata lebih dari sekedar label orang terkaya, masih banyak yang tidak diketahui orang-orang akan dirinya dan juga kekayaannya itu. Berikut 10 fakta tentang Bill Gates yang mungkin tidak diketahui sebagian besar orang termasuk Anda.

Bagi Anda yang mungkin tidak tahu, bersama dengan Paul Allen, Bill Gates adalah pendiri dari perusahaan software ternama dunia yang mungkin saja sistem operasinya (Windows) sedang Anda gunakan sekarang. Perusahaan itu adalah Microsoft.

1. Pelit Dalam Mempercayakan Kekayaan Ke Anak-anaknya





Anak-anak Bill Gates dan Melinda Gates hanya dapat 10 Juta US Dollar

Berdasarkan data Forbes tanggal 25 Agustus 2014, kekayaan Bill Gates adalah $80,7 Miliar yang dapat disetarakan dengan sekitar 945 Triliun Rupiah. Dari kekayaan tersebut, pasti banyak orang mengira bahwa anak-anak Bill Gates juga akan hidup dalam kekayaan berlimpah tersebut bukan?

Fakta mengatakan bahwa ternyata hal itu tidaklah terbukti benar. Bill Gates dan istrinya telah merencanakan bahwa warisan untuk ketiga anaknya masing-masing adalah hanya $10 Juta atau sekitar 117 Miliar Rupiah. Ini sama saja Bill Gates hanya memberikan 0.01% kekayaannya untuk masing-masing anaknya. Alasan dari keputusan ini adalah ia menganggap mewariskan seluruh kekayaannya kepada ketiga anaknya tidak akan berdampak baik bagi mereka dan sisa kekayaannya akan diberikan untuk tindakan amal. Yah, apapun itu, 10 Juta US Dollar tetap bukanlah jumlah yang kecil untuk memberikan kesempatan baik bagi anak-anaknya.

2. Traf-O-Data



Traf O Data adalah perusahaan Bill Gates pertama yang gagal

Label Bill Gates sebagai orang terkaya dunia terus menempel begitu erat di dirinya, hal ini membuat orang-orang di dunia melewatkan masa-masa Bill Gates dan Paul Allen sebelum mereka jaya. Tahukah Anda bahwa sebelum mendirikan Microsoft, mereka pernah mendirikan perusahaan pertama yang pada akhirnya gagal? Perusahaan itu adalah Traf-O-Data, yakni perusahaan yang produknya adalah memberikan laporan lalu lintas. Walaupun begitu, kegagalan di Traf-O-Data adalah pembelajaran penting untuk pengembangan produk Microsoft beberapa tahun sesudahnya.

3. Berhenti Kuliah Untuk Menjadi Jutawan, Malah Menjadi Miliarder



Bill Gates berhenti kuliah untuk mengembangkan microsoft

Di US, tes untuk masuk kuliah dikenal dengan nama SAT dan pada masa Bill Gates, nilai maksimal dari tes tersebut adalah 1600. Bill Gates sendiri mendapatkan nilai 1590 dari 1600, sedangkan Paul Allen mendapatkan nilai penuh 1600. Nilai mengagumkan itu telah menunjukkan bahwa Bill Gates dan Paul Allen sudah memiliki pengetahuan yang di atas rata-rata dan hal itu terbukti benar.

Bill Gates merasa bahwa pengetahuan di perkuliahan sudah tidak bisa mengikuti perkembangan dirinya. Ia akhirnya memutuskan untuk berhenti kuliah dan mengejar mimpinya. Sebelum ia keluar, Gates berkata ke salah seorang professor bahwa ia akan menjadi jutawan (dalam US Dollar) pada saat ia berumur 30 tahun, faktanya ia menjadi milliarder di umurnya yang ke-31.

4. Kekayaannya Lebih Dari Cukup Untuk Dibagi-bagikan ke Umat Manusia



Kekayaan Bill Gates jika uangnya ditumpukkan

Dilansir dari Geohive, populasi dunia tertanggal 25 Agustus 2014 adalah sekitar 7,25 Miliar Jiwa. Jadi jika secara konyol kita menggambarkan kekayaan Bill Gates, ia dapat memberikan semua orang di dunia 10 US Dollar atau sekitar 117 Ribu Rupiah untuk masing-masing orang, dan ia tetap memiliki kekayaan sekitar 8,2 Miliar US Dollar atau sekitar 96 Triliun Rupiah. Yang juga masih jauh lebih dari cukup untuk memberikan warisan sebanyak $10 Juta ke masing-masing anaknya.

5. Donasinya Dapat Masuk Daftar Orang Terkaya Forbes




Tindakan Amal Bill Gates melalui Bill & Melinda Gates Foundation

Melalui fondasi amalnya, Bill & Melinda Gates Foundation, Bill Gates telah mendonasikan kekayaannya dalam jumlah yang tidak dapat dianggap remeh. Bahkan donasinya tersebut bisa masuk ke dalam daftar orang terkaya Forbes tepatnya di urutan ke 23 menggantikan Michele Ferero.

Fakta tahun 2013, menunjukkan bahwa jumlah donasi amal yang telah disumbangkan Bill Gates melalui fondasinya adalah sebesar $28 Miliar, sedangkan kekayaan Michele Ferero di tahun 2014 adalah $27,2 Miliar. Ini berlaku lebih khusus lagi mengetahui bahwa Bill Gates dan istrinya hanya mewariskan $10 Juta untuk masing-masing anaknya dan sisanya akan ditujukan untuk tindakan kedermawanan. Jika hal ini terbukti benar, maka apabila dibayangkan sebagai orang terkaya, jumlah donasi mereka adalah orang terkaya nomor 1 nantinya. Perlu diketahui bahwa fondasi mereka telah menyelamatkan jutaan jiwa di berbagai belahan dunia.

6. Tidak Boleh Ada Produk Apple Di Rumah


Bill Gates bertemu dengan Steve Jobs

Dalam sebuah interview diketahui bahwa Istri Bill Gates, Melinda Gates melarang penggunaan produk Apple untuk anak-anaknya ataupun di rumah mereka. Pada saat anak-anak mereka meminta iPod, yang diberikan adalah produk Windows dengan teknologi serupa. Dari sisi bisnis, ini memang ditujukan untuk tidak menguntungkan pesaing namun dan terkesan sangatlah negatif.

Pada kenyataannya, hubungan Bill Gates dan Melinda Gates dengan staf Apple tidaklah seburuk perspektif bisnis ini. Contohnya pada saat menjelang kematian Steve Jobs, mereka diketahui mengunjungi Steve Jobs untuk bernostalgia dan membicarakan masa depan. Bahkan dikatakan Steve Jobs meletakkan surat yang ditulis Bill Gates di samping ranjangnya.

7. Inspirasi Keberhasilan Introvert


Bill Gates adalah contoh nyata dari keberhasilan seorang introvert

Siapa bilang kalau introvert tidak bisa mencapai keberhasilan? Sebagaimana telah dijelaskan dalam 10 Orang Sukses Berkepribadian Inrovert, Bill Gates adalah contoh nyata akan seorang introvert yang berhasil mencapai puncak kesuksesan dunia. Bahkan ia bangga memberikan dirinya sendiri label sebagai seorang geek yang sangat gemar membaca buku. Walaupun Bill Gates adalah pencetus teknologi ternama, ia lebih hobi membaca buku tradisional dibandingkan buku digital.

8. Untuk Memungut Uang Sejumlah 10 Juta Tidaklah Sepadan Dengan Waktunya


Bill Gates sangatlah kaya hingga memungut 10 Juta tidaklah sepadan dengan waktunya

Dari kekayaannya sekarang ada orang yang memperkirakan bahwa untuk setiap detik Bill Gates hidup, ia akan mendapatkan sekitar 250 US Dollar atau sekitar 2,9 Juta Rupiah. Jadi jika pada suatu hari ia melihat uang sejumlah 10 juta, maka tidaklah sepadan dengan waktunya untuk mencoba melihat ataupun memungut uang itu. Karena 4 detik dimulai dari ia melihat, membungkuk, hingga memungut uang tersebut, uang 10 juta lainnya sudah masuk ke dalam rekening Bill Gates.

9. Pemberontak Yang Jenius


Bill Gates saat umur 22 tahun ditangkap di New Mexico

Ternyata Bill Gates juga sangat sering berada di sisi yang berlawanan dengan hukum. Yang paling diketahui adalah saat pelanggaran yang terjadi di New Mexico pada tahun 1977, Bill Gates pernah ditangkap karena telah menerobos lampu merah yang juga disertai dengan berkendara tanpa SIM.

Selain kasus ini, faktanya masih sangat banyak kejadian dimana ia menunjukkan sifat liarnya. Dimulai dari berski air dengan patah kaki, meretas aplikasi komputer sekolah agar ia ditempatkan di kelas yang penuh dengan wanita cantik, hingga meretas panel kendali di pintu bandara dan berhasil membuat pesawat tumpangannya kembali.

10. Hanya Aktif di Twitter



Bill Gates bertemu dengan Mark Zuckerberg

Ada alasan mengapa pendiri dari perusahaan software terbesar di dunia hanya aktif di salah satu media ternama, yaitu Twitter bukan Facebook. Padahal ia diketahui sangat berteman baik dengan Mark Zuckerberg, dimana ia, Warren Buffett, dan Mark Zuckerberg juga bersama-sama menandatangani kesepakatan untuk memberikan setengah kekayaan mereka untuk tindakan amal. Alasan mengapa ia tidak aktif di Facebook adalah karena permintaan berteman di akunnya sudah jauh dari masuk diakal.

Bill Gates juga dilaporkan bahwa pada saat itu ialah yang pertama kali secara tidak sengaja mengungkapkan nama calon istri Mark ke media.

0 comments:

Posting Komentar

Komentar Teman

Dapatkan Berita Terbaru

Mau Dikirimin Artikel Terbaru?!! Silahkan Masukkan alamat email anda:

Delivered by FeedBurner

My Network

About Me

Foto Saya
Laki-laki tampan yang tidak sombong dan suka menolong & hobi ngeblog karena berfikiran dengan ngeblog bisa jadi kaya raya...(amin)