Sabtu, 14 Juli 2012

Ini Lho Khasiat Gandum Utuh

MENGONSUMSI gandum utuh (wholegrain) ternyata lebih banyak manfaat dibandingkan dengan yang telah diolah. Pengolahan menjadi tepung akan membuang sejumlah bagian kecuali lembaga atau endosperma. Padahal banyak bagian yang dibuang itu mengandung zat gizi penting. Demikian disampaikan Nilani Sritharan, Regional Nutrition Manager Cereal Partners Worldwide.

Lembaga yang menjadi bagian terbesar dari gandum antara 80-85% mengandung karbohidrat, protein, thiamin (vitamin B1), dan vitamin E. Nah, bagian yang terbuang yakni germ (embrio) berisi nutrisi untuk biji, bran (dedak) sebagai kulit pelindung luar, dan aleurone (lapisan sel adjacent pada lembaga). Padahal banyak zat gizi penting dalam bagian tersebut.

Menurut Nilani, germ yang hanya 3% dari biji banyak mengandung vitamin B, vitamin E, mineral dan elemen trace, berbagai enzim, dan flavonoid.  Bran mengandung serat, vitamin B, mineral dan elemen trace, dan fitokimia. Aleurone memiliki protein, enzim, serat, dan fitokimia.

"Manfaat menyantap gandum utuh, menurut penelitian, yakni dapat mereduksi risiko stroke hingga 25%," tutur Nilani.

Selain itu, pada 2008 rekomendasi nutrisi dan intervensi diabetes dari American Diabetes Association memasukkan gandum utuh dalam menu makanan. Bahkan penelitian terhadap populasi di Inggris, Iran, Amerika, Norwegia, Swedia, dan Finlandia menyimpulkan orang yang banyak melahap gandum utuh memiliki berat badan ideal sehingga terhindar dari kegemukan.

Ketua Umum Pergizi Pangan Indonesia Prof Dr Hardinsyah MS menambahkan dalam beberapa kasus di Amerika dan Jepang menunjukkan orang yang berumur di atas 100 tahun rajin mengonsumsi gandum utuh. "Menurut penelitian Slavi J pada 2004, gandum atau sereal utuh memiliki kandungan serat yang tinggi sehingga dapat membantu sistem pencernaan tubuh," imbuh Hardinsyah.

Memahami dahsyatnya keunggulan gandum utuh, Country Business Manager Breakfast Cereal Nestle Jose Oscar Yu menjamin semua produk sereal Nestle kini mengandung gandum utuh.  "Ini merupakan komitmen kami sebagai produsen makanan dan minuman terbesar di dunia untuk menyediakan sarapan untuk mewujudkan anak Indonesia yang lebih sehat dan cerdas," ujar Jose.(MI/BEY)

sumber

2 comments:

Posting Komentar

Komentar Teman

Dapatkan Berita Terbaru

Mau Dikirimin Artikel Terbaru?!! Silahkan Masukkan alamat email anda:

Delivered by FeedBurner

My Network

About Me

Foto Saya
Laki-laki tampan yang tidak sombong dan suka menolong & hobi ngeblog karena berfikiran dengan ngeblog bisa jadi kaya raya...(amin)