Rabu, 18 Juli 2012

thumbnail

Kandungan Nutrisi Buah Jeruk


Kandungan Nutrisi Buah Jeruk amatlah banyak. Dan nutrisi-nutrisi tersebut sangat diperlukan oleh tubuh. Mungkin itulah sebabnya buah ini sering dikatakan mempunyai banyak manfaat baik buat kesehatan ataupun kecantikan. Diantara khasiat buah jeruk untuk kesehatan dan kecantikan adalah menangkal flu, mencegah penuaan dini akibat radikal bebas, memperkuat sistem kekebalan tubuh, menjaga tekanan darah tetap normal, mencegah osteoporosis, menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh, mengatasi sariawan dll.

Begitu banyaknya khasiat yang didapat dari buah yang berwarna orange ini membuatnya termasuk salah satu buah yang sering dikonsumsi masyarakat, apalagi rasanya juga enak.

Buah jeruk dapat diolah menjadi berbagai macam olahan, mulai dari aneka minuman, manisan, dimakan segar, bahan tambahan atau pelengkap kue, dll.

Nah, anda pasti penasaran apa saja sih nutrisi yang terkandung dalam buah ini kok bisa mempunyai banyak khasiat kesehatan dan kecantikan?

1. Jeruk kaya akan vitamin C
Vitamin C ini mempunyai khasiat yang amat banyak bagi tubuh kita, karena selain bisa memperkuat kekebalan tubuh, juga mempunyai sifat anti kanker. Buah ini mempunyai kandungan antioksidan flavonoid yang tinggi yang bisa berfungsi menghambat kerusakan sel akibat kanker.

2. Kandungan Fosfor dan kalsium diperlukan tubuh untuk pembentukan tulang dan gigi sehingga dengan mencukupi kebutuhan akan nutrisi ini akan bisa mencegah osteoporosis.

3. Kandungan zat besi dalam buah jeruk diperlukan untuk pembentukan hemoglobin pada sel darah merah. Jadi, bagi yang anemia (kekurangan sel darah merah) bisa mengonsumsi buah jeruk.

4. Buah jeruk juga kaya akan serat yang berguna untuk melancarkan proses pencernaan.

5. Pectin, yang berkhasiat menurunkan tekanan darah.

6. Vitamin B6

7. beta-cryptoxanthin yang bisa menurunkan risiko serangan kanker paru-paru

Itulah beberapa kandungan yang terdapat dalam buah jeruk. Buah yang bergizi tinggi ini sebaiknya anda masukkan dalam menu makanan sehari-hari. Biasanya sih kalau di indonesia sering dipakai juga untuk pencuci mulut. Beda dengan di israel yang katanya sebaiknya memakan buah adalah sebelum makan. Bagi yang muslim, Nabi Muhammad SAW juga jika makan buah bersama makanan lain selalu mendahulukan memakan buah sebelum memakan makanan yang mengandung lemak, protein dan pati. Demikian, semoga informasi kandungan buah jeruk di atas dapat menambah khasanan pengetahuan anda.

Subscribe by Email

Follow Updates Articles from This Blog via Email

4 Comments

avatar

hahahahaha, untung aja nih gua suka yang namanya buah jeruk :D makasih yah , buat semua informasinya :)

Reply Delete
avatar

makasih banyak gan buat infonya. udah buahnya enak bermanfaat pula :)

Reply Delete
avatar

kadar" nutrisi dalam jeruk gimana ?? :O

Reply Delete