Jumat, 30 Oktober 2015

Ditemukan Punden Berundak di Sukabumi, Diduga Reruntuhan Candi

 

Sukabumi - Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) mengaku menemukan reruntuhan mirip arca dan punden berundak di wilayah Kampung Pasir Badak, Desa/Kecamatan Cikakak, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Di lokasi yang tak jauh dari pesisir pantai Palabuhanratu itu Disparbudpora mengaku menemukan sebuah bangunan yang profil dan bentuknya memang mirip candi.

"Ditemukan oleh warga, awalnya berupa serpihan setelah ditelusuri bersama pihak masyarakat arkeologi dari Jakarta ternyata makin ke atas makin banyak. Kita sendiri baru mengetahui hal ini, kalau secara letak geografis di daerah yang masuk ke dalam areal Balai Konservasi Sumberdaya Alam (BKSDA) Sukawayana itu memang berdekatan dengan sejumlah situs lain yang sudah lebih dulu ditemukan," papar Ahmad Riyadi Kepala Diparbudpora kepada detikcom, Kamis (29/10/2015).



 Di lokasi yang biasa disebut dengan Gunung Tangkil oleh masyarakat setempat tersebut, Diparbudpora menemukan sejumlah arca dan serpihan batu yang berserakan di lokasi yang diduga mirip punden setinggi 200 meter. "Ada lisung batu, cawan kuningan, dan sejumlah arca. Tapi kita belum berani memastikan keaslian benda-benda itu karena harus ada penelitian khusus oleh ahli arkeologi," lanjut Ahmad.

Dari sejumlah barang-barang yang ditemukan tim Disparbudpora menyimpulkan usia punden atau candi itu bersambung dari era batu sampai logam. "Kalau dilihat sepertinya peradaban purbakalanya memang bersambung dilihat dari bahan-bahan yang kami temukan," imbuh dia.

Karena khawatir dijarah warga atau pengunjung usil, Disparbudpora kemudian mengamankan sejumlah benda-benda tersebut. "Kita simpan di kantor sambil menunggu kedatangan tim arkeologi yang meneliti keaslian benda purbakala itu," tutupnya.

0 comments:

Posting Komentar

Komentar Teman

Dapatkan Berita Terbaru

Mau Dikirimin Artikel Terbaru?!! Silahkan Masukkan alamat email anda:

Delivered by FeedBurner

My Network

About Me

Foto Saya
Laki-laki tampan yang tidak sombong dan suka menolong & hobi ngeblog karena berfikiran dengan ngeblog bisa jadi kaya raya...(amin)